Jangan Sia-Siakan Waktu

BICARA WAKTU: Ustadz Abdullah Sunono dalam Majelis Quran (MQ) Ikadi, Ahad (14/1).

 

DALAM Alquran, Allah SWT banyak bersumpah dengan waktu. Setiap Allah SWT bersumpah dengan waktu, sesungguhnya ada hal besar yang ingin Allah SWT sampaikan untuk semua manusia. Demikian dikatakan Ustadz Abdullah Sunono, penceramah Majelis Quran (MQ) Ikadi di Aula PTPN XII, Ahad (14/1).

Menurut dia, setiap orang dan peristiwa di dunia pasti terikat oleh waktu. Hanya mukjizat yang kerap bisa keluar dari ikatan waktu. Seperti, pindahnya singgasana Ratu Bilqis di era Nabi Sulaiman atau perjalanan Isra Mi’raj Rasulullah Muhammad SAW.

ANTUSIAS: Jamaah MQ membeludak hampir memenuhi seluruh aula PTPN XII.

 

Saking pentingnya manusia agar memperhatikan soal waktu, Allah SWT banyak bersumpah dengan waktu dalam Alquran. Seperti bersumpah dengan waktu dhuha, malam, siang, fajar, dan sebagainya. “Manusia pun seringkali terlena oleh waktu. Tahu-tahu anak sudah besar, tahu-tahu sudah tua, dan sebagainya. Waktu seperti cepat berlalu,” katanya.

Padahal, waktu adalah kekayaan setiap manusia yang tidak mungkin bisa diputar kembali. Karena itu, orang beriman harus bisa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin untuk ketaatan kepada Allah SWT. Pantang bagi orang beriman menyia-nyiakan waktu. “Rasulullah sudah mengingatkan, ada dua hal yang sering dilalaikan manusia. Yakni, kesehatan dan waktu lapang,” ingatnya. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *